Sabtu, 21 Januari 2012

makalah lan man wan

LAN, MAN, WAN

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

konsep jaringan computer lahir pada tahun 1940an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer model I di laboratorium Bell & Group riset Harvard University. Pada awalnya jaringan computer berkembang dalam lingkup informasi bisnis atau mainframe oriented. Layanan informasi pada system informasi ini dianggap kurang efisien karena berpengaruh pada spesialis programmer. Dalam perkembangan selanjutnya lahirlah desktop dengan konsep satu computer satu pengguna. Selanjutnya ketika harga computer kecil sudah menurun dan konsep distribusi matang maka pengguna computer dan jaringan mulai beragam. Oleh sebab itu mulai berkembanglah LAN, MAN dan WAN.

B. Tujuan

Untuk lebih mengetahui kegunaan dari LAN, WAN dan MAN. Sehingga mampu membedakan cara kerja dari LAN, WAN dan MAN itu sendiri.

C. Manfaat

• Sebuah jaringan computer mampu bartindak sebagai media komunikasi yang baik bagi para pegawai yang jauh.
• Hiburan interaktif


PEMBAHASAN

Pengertian LAN

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area fisik kecil, seperti rumah, kantor, atau sekelompok kecil bangunan, seperti sekolah, atau bandara. Karakteristik yang menentukan LAN, berbeda dengan wide-area network (WAN), termasuk mereka yang biasanya lebih tinggi kecepatan transfer data, tempat geografis yang lebih kecil, dan kurangnya kebutuhan telekomunikasi leased baris.
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun Server.Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.
Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Transmisi data dalam LAN mempunyai kecepatan yang berbeda dan dapat dikatagorikan :
• High speed network
• Medium speed network
• Low speed network

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
• Mempunyai pusat data yang lebih tinggi
• Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
• Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Sebuah komputer jaringan yang mencakup area yang relatif kecil. Kebanyakan LAN terbatas di satu gedung atau beberapa gedung. Namun, satu LAN dapat dihubungkan ke LAN lain atas jarak melalui saluran telepon dan gelombang radio. Sebuah sistem yang terhubung LAN dengan cara ini disebut wide-area network (WAN).
Sebagian besar LAN menghubungkan workstation dan komputer pribadi. Setiap node (individu komputer) di sebuah LAN memiliki CPU dengan yang mengeksekusi program, tetapi juga dapat mengakses data dan perangkat di manapun pada LAN. Ini berarti bahwa banyak pengguna dapat berbagi perangkat mahal, seperti laser printer, serta data. Pengguna juga dapat menggunakan LAN untuk berkomunikasi dengan satu sama lain, dengan mengirimkan e-mail atau terlibat dalam obrolan sesi.
Ada banyak jenis LAN Ethernets yang paling umum untuk PC. Kebanyakan Apple Macintosh jaringan didasarkan pada Apple AppleTalk sistem jaringan, yang dibangun ke dalam komputer Macintosh.
Karakteristik sebagai berikut LAN membedakan satu dari yang lain:
• Topologi: pengaturan geometrik perangkat di dalam jaringan. Sebagai contoh,perangkat dapat diatur dalam sebuah cincin atau dalam garis lurus.
• Protokol: Aturan-aturan dan spesifikasi pengkodean untuk mengirim data. Protokol juga menentukan apakah menggunakan jaringan peer-to-peer atau klien / server arsitektur.
o Media: Beberapa jaringan media tanpa menghubungkan sama sekali,bukannya berkomunikasi melalui gelombang radio.
LAN mampu mengirimkan data pada tingkat yang sangat cepat, jauh lebih cepat dibandingkan data dapat dikirim melalui saluran telepon, tetapi jaraknya terbatas, dan juga ada batas jumlah komputer yang dapat melekat pada satu LAN.

Pengertian MAN

Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubung dengan jaringan telivisi kabel.
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup wilayah metropolitan atau kampus. Cakupan geografis yang jatuh antara WAN dan LAN. Mans menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di daerah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke daerah yang lebih luas jaringan seperti Internet.
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Pengertian WAN

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
wide area network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas (misalnya, jaringan link komunikasi silang yang metropolitan, regional, atau batas-batas nasional .Hal ini berbeda dengan jaringan wilayah pribadi (PANS), jaringan area lokal (LAN), jaringan area kampus (kaleng), atau jaringan area metropolitan (Mans).
Kegunaan WAN
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Selain itu WAN juga digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis-jenis jaringan bersama-sama, sehingga pengguna dan komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain. Banyak WAN dibangun untuk satu organisasi tertentu dan swasta.
WAN sering dibangun dengan menggunakan leased line. Pada setiap akhir leased line, sebuah router terhubung ke LAN di satu sisi dan sebuah hub dalam WAN di sisi lain. Alih-alih menggunakan leased line, WAN dapat juga akan dibangun dengan menggunakan lebih murah sirkuit switching atau packet switching metode. Jaringan protokol termasuk TCP / IP menyediakan transportasi dan menangani fungsi. Protokol termasuk paket di atas SONET / SDH, MPLS, ATM dan Frame relay sering digunakan oleh penyedia layanan untuk memberikan link yang digunakan dalam WAN. X.25 adalah sebuah protokol WAN awal yang penting, dan sering dianggap sebagai “kakek” dari Frame Relay karena banyak yang mendasarinya dan fungsi protokol X.25 masih digunakan sampai sekarang (dengan upgrade) oleh Frame Relay.
Penelitian akademik wide area network dapat dibagi menjadi tiga bidang:
• Mathematical model,
• emulasi jaringan dan
• simulasi jaringan.
Peningkatan kinerja kadang-kadang disampaikan melalui WAFS atau optimasi WAN. Tingkat transmisi biasanya berkisar dari 1200 bps sampai 6 Mbps, meskipun beberapa koneksi seperti ATM dan garis tersewa dapat mencapai kecepatan lebih dari 156 Mbps. Komunikasi khas yang digunakan dalam WAN adalah saluran telepon, microwave link & satelit saluran.
Baru-baru ini dengan proliferasi biaya rendah Internet konektivitas banyak perusahaan dan organisasi telah berpaling ke VPN untuk menghubungkan jaringan mereka, menciptakan sebuah WAN dengan cara itu. Perusahaan seperti Cisco, New Edge Networks dan Check Point menawarkan solusi untuk membuat jaringan VPN.

KESIMPULAN

Wireless merupakan teknologi digital spread spectrum lanjutan untuk kepentingan komersial, yang memberikan berbagai kelebihan. Seperti halnya teknologi lain wireless juga memiliki kelemahan dan keunggulan dimana salah satunya adalah biaya yang murah dan fleksibel. Selain itu wireless harus dipantau dan dijaga dari serangan hacker yaitu dengan teknik-teknik enkripsi dan konfigurasi protocol. Perkembangan sampai dengan saat ini wireless telah diaplikasikan pada LAN, WAN, modem, kamera, handphone,dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar