Sabtu, 21 Januari 2012

JENIS JARINGAN

JENIS JARINGAN
JARINGAN AREA LOKAL
Local Area Network (LAN) digunakan untuk menghubungkan perangkat yang secara geografis terletak sangat dekat satu sama lain, seperti di Rumah, Bangunan itu sendiri atau lingkungan Kampus. LAN dirancang untuk memungkinkan berbagi sumber daya antara komputer pribadi dan workstation. Sumber daya bersama dapat Hardware (Printer, database), perangkat lunak (program aplikasi) atau data. Jaringan LAN mungkin sangat sederhana tergantung pada kebutuhan dan jenis teknologi yang digunakan. Jaringan LAN mungkin hanya dua komputer dan printer, atau di sebuah organisasi di mana ratusan komputer yang saling berhubungan. Dalam LAN, Anda akan menemukan PC, file server, DNS server, router, jembatan, switch, hub, gateway, switch multilayer, printer, firewall dan banyak menghubungkan perangkat lainnya. Hari ini jaringan LAN banyak digunakan adalah Ethernet, Fast Ethernet (FE), Gigabit (GE) Ethernet, Token ring dan FDDI. Tapi yang paling disukai adalah Ethernet dan Fast Ethernet
Jaringan LAN Sederhana
WIDE AREA NETWORK
Apakah lebar Jaringan (WAN) adalah digunakan untuk menghubungkan perangkat yang secara geografis berada pada jarak jauh. WAN dapat digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih bersama-sama LAN, yang mungkin secara geografis terpisah. Sebuah WAN dapat sebagai kompleks sebagai tulang punggung yang menghubungkan internet. Kita harus pertama disebut beralih WAN dan titik ke titik WAN.
Switched WAN menghubungkan sistem akhir, yang biasanya terdiri dari sebuah router (internet kerja perangkat penghubung) yang menghubungkan ke LAN atau WAN.
Switched Jaringan WAN


Titik ke titik WAN biasanya koneksi leased line yang disediakan oleh operator TV kabel yang telepon atau menghubungkan komputer rumah atau LAN kecil untuk penyedia layanan internet (ISP). Jenis WAN digunakan untuk menyediakan akses internet.
Point to Point Jaringan WAN

Point to Point WAN Empat jenis dasar dari koneksi, atau sirkuit, digunakan dalam layanan WAN:

  • Circuit-switched

  • Sel-switched

  • Packet-switched

  • Dedicated koneksi


  • Layanan WAN yang tersedia, termasuk dialup analog DSL (digital subscriber line) Frame Relay, ATM, ISDN, X.25 dan Switched Multi-megabit layanan data (SMDS)
  • Frame relay dan x.25 adalah dari layanan packet switched.
  • Analog dialup dan ISDN layanan circuit switched.
  • STM dan SMDS adalah layanan sel diaktifkan.


  • METROPOLITAN AREA NETWORK
    Metropolitan Area Network (MAN) adalah hibrida antara LAN dan WAN. Seperti WAN, MAN biasanya menghubungkan dua LAN di daerah geografis yang sama seperti dua bangunan di kota. MAN biasanya meliputi area dalam kota. Sedangkan WAN biasanya memberikan rendah ke kecepatan sedang, MAN menyediakan koneksi kecepatan tinggi seperti T1 (1,54 Mbs). Sebuah contoh yang baik dari MAN adalah bagian dari jaringan perusahaan telepon yang dapat memberikan kecepatan saluran DSL tinggi untuk pelanggan. Perangkat yang digunakan untuk menyediakan koneksi untuk MAN mencakup high-end router, switch ATM, dan switch optik.
    STRORAGE AREA JARINGAN
    Jaringan area penyimpanan (SAN) menyediakan infrastruktur berkecepatan tinggi untuk memindahkan data antara perangkat penyimpanan dan file server. Sebuah perangkat penyimpanan, seperti, disk drive, kontroler disk, dan setiap kabel yang diperlukan. Infrastruktur ini dapat didedikasikan untuk hanya perangkat ini atau dapat mencakup perangkat lain.
    Dalam jaringan ini, saluran serat yang digunakan untuk sambungan tersebut. Sebuah saluran serat kabel optik yang menghubungkan file server, kontroler disk, dan hard drive dengan harga melebihi 1 gigabit per detik (Gbps).
    Keuntungan dari memisahkan perangkat penyimpanan dari layanan file adalah fleksibilitas lebih dan sentralisasi data yang mudah bagi manajemen.
    vSAN sangat populer di lingkungan LAN dan beberapa ISP telah mulai menawarkan layanan ini di lingkungan MAN. Tapi SAN tidak sedang digunakan dalam lingkungan WAN, karena jenis koneksi dan kecepatan akses yang diperlukan, koneksi optik digunakan.
    Keuntungan
  • Kinerja cepat.

  • Ketersediaan tinggi karena redundansi fitur yang tersedia.

  • Jarak dapat span hingga 10 kilometer.

  • Manajemen adalah mudah karena sentralisasi sumber data.

  • Overhead rendah (menggunakan protokol tipis).


  • Kekurangan
  • Biaya mereka sangat tinggi karena menggunakan saluran serat, Anda harus membeli mobil disk controller khusus untuk server file Anda dan unit penyimpanan SAN.
  • Jika anda terhubung tentang redundansi, biaya akan meningkat.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar